Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Membuat Rancangan Acak Lengkap Di Microsoft Excel secara Otomatis

Rancangan Acak Lengkap biasa digunakan untuk mengetahui pengaruh satu perlakuan terhadap parameter tertentu misalkan pengaruh persentase kandungan zat x terhadap kadar glukosa darah tikus, dengan taraf perlakuan 3%,4%,5%,7% dan 10% dengan 4 ulangan. Rancangan acak lengkap atau juga bisa disebut Desain Acak Sempurna dapat dihitung melalui SPSS maupun excel, nah kalau menggunakan spss hasilnya instan dan langsung dapat dilihat akan tetapi outputnya berbahasa inggris. Sedangkan jika kita menggunakan Excel harus menghitung manual yang memakan waktu namun tabel dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan. Nah solusinya bisa mengkopi hasil output spss dan mengeditnya di excel maupun di SPSS langsung, solusi lainnya dapat menggunakan Excel Add-in yang saya buat dan saya bagikan secara gratis, silahkan download di sini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan baca dan download di post ini. Berikut cara penggunaanya:
  1. Siapkan data hasil eksperimen dengan  format Ulangan (baris) x Taraf Perlakuan (Kolom) sebagai contoh pada Sheet1 seperti gambar sebagai berikut:
  2. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Analisis Statistik => RAL-DAS.
  3. Pada menu Data Range silahkan masukan data hasil eksperimen melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$3:$F$6
  4. Pada menu sell output silahkan pilih satu sel saja (pastikan kosong di bawah dan sebelah kanan nya) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$H$2. Kemudian pilih taraf nyata (alpha).Jika sudah maka tampilan userform seperti gambar berikut:
  5. Klik Hitung dan hasilnya akan tampak seperti berikut:

Nah untuk keterangan “Berbeda Nyata” dapat pula diartikan signifikan sehingga kesimpulannya dengan taraf keyakinan 95% (99% untuk alpha 1%) data hasil eksperimen menunjukkan bahwa perlakuan Zat X berpengaruh secara signifikan terhadap kadar glukosa darah tikus. Sekian pembahasan kali ini, baca juga bahasan Merubah Data SkalaOrdinal Menjadi Skala Interval Dengan MSI (Method of Successive Interval), semoga membantu.

1 komentar:

  1. Olah Data Semarang Khusus Untuk Olah Data Frontier 4.1, DEAP 2.1
    SPSS, AMOS, LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, Software R
    WA : +6285227746673
    IG : @olahdatasemarang

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com