Sabtu, 25 Juli 2015

Mengenal VBA Excel Makro + Panduan Lengkap

Di sini saya akan memperkenalkan Anda dengan Kode Makro Visual Basic for Applications (VBA). VBA adalah komponen kunci. Pengguna Excel menggunakan VBA macro untuk meng-Costumize dan mengotomatisasi Excel. Pembahasan ini akan mengajarkan Anda bagaimana menciptakan prosedur makro sederhana.
Apa itu Makro?
Sebuah makro adalah urutan instruksi/perintah. Urutan instruksi Ini mengotomatisasi aspek-aspek Excel yang biasa anda lakukan. Ketika Anda mengotomatisasi beberapa pekerjaan Anda di Excel menggunakan Macro, Anda dapat melakukannya lebih efisien dan dapat mengurangi dan mengeliminasi kesalahan dibanding pengerjaan manual. Misalnya, Anda dapat membuat makro untuk memformat dan mencetak laporan penjualan akhir bulan Anda. Setelah makro dikembangkan, maka Anda dapat menjalankan makro untuk melakukan banyak prosedur yang memakan waktu secara otomatis.
Tidak harus seorang Expert untuk membuat dan menggunakan macro VBA sederhana. Pengguna dapat melakukannya dengan perekam makro Excel: Excel akan merekam tindakan Anda dan akan mengubahnya menjadi makro VBA. Ketika Anda menjalankan makro ini, Excel melakukan tindakan lagi.
Pengguna tingkat lanjut, akan dapat menulis kode makro untuk melakukan tugas-tugas yang tidak dapat direkam. Sebagai contoh, Anda dapat menulis kode makro untuk menampilkan Kotak Dialog sendiri, atau memproses data dari berbagai workbook, dan bahkan membuat add-in.
Anda mungkin bingung antara VBA dengan VB (Visual Basic). VB adalah bahasa pemrograman. yang memungkinkan Anda membuat executable program (file EXE). Meskipun VBA dan VB memiliki banyak kesamaan, mereka bahasa pemrograman yang berbeda.
Yang Dapat Anda Lakukan Dengan VBA
VBA adalah bahasa pemrograman yang sangat kaya. Ia memiliki ribuan kegunaan. Beberapa hal yang tercantum di bawah ini yang dapat Anda lakukan dengan VBA macro.
• Otomatisasi prosedur yang sering Anda lakukan di Excel. Misalnya, menyiapkan laporan penjualan akhir bulan. Jika tugas itu rutin, Anda dapat mengembangkan makro untuk melakukannya untuk Anda setiap anda mendapat tugas tersebut.
• Otomatisasi operasi yang berulang-ulang. Jika Anda melakukan tindakan yang perlu dilakukan berulang-ulang  maka serahkan pekerjaan anda kepada VBA Makro.
• Buat Prosedur sendiri. Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan beberapa perintah Excel dalam satu klik saja.
. DLL Agan Sis,
Ketika Anda berencana untuk bekerja dengan Makro VBA, pastikan bahwa tab Developer tampil di Ribbon Excel. Tab Developer tidak muncul secara default dan berisi perintah yang berguna untuk pengguna VBA. Gambar berikut ini menunjukkan tab Developer di Ribbon Excel


Untuk menampilkan tab ini, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Klik kanan pada Ribbon control and pilih Customize the Ribbon dari shortcut menu.Customize the Ribbon tab dan kotak dialog dari Excel Options  akan tampil.
  2. Pada list box sebelah kanan, ceklis  Developer.
  3. Klik OK untuk kembali Excel
Nah untuk pandual Lengkap VBA bisa di download di sini Ebook-nya Sementara masih berbahasa inggris ya karena  masih dalam proses penerjemahan. Semoga membantu

2 komentar:

  1. yang bahasa indonesianya sudah ada min?hehe

    BalasHapus
  2. Izin Share bang, bermanfaat ilmunya
    klo gak keberatan ane mau share juga tutorial membuat form input data dengan excel

    http://master-tutorialexpert.blogspot.co.id/2017/04/tutorial-membuat-form-input-data-di.html

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com