Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Cepat Kategorisasi Data Kuisioner Di Microsoft Excel

Halo, kali ini ESI akan membahas cara mengkategorikan variabel maupun sub variabel penelitian di Microsoft Excel. Berikut salah satu contoh metode yang biasa digunakan:
Nilai terbesar   = Skor ideal terbesar x Jumlah pernyataan
                        = 5 x 4
                        = 20
Nilai terkecil    = Skor ideal terkecil x Jumlah pernyataan
                        = 1 x 4
                        = 4
Rentang           = Nilai terbesar – Nilai terkecil
                        = 20 – 4
                        = 16
Panjang kelas  = Rentang : Banyak kelas (kategori)
                        = 16 : 3
                        = 5.33
Rentang interval untuk masing-masing kategori adalah:
Buruk  = 4 – 9
Cukup = 10 – 14
Baik     = 15 – 20

Nah untuk melakukannya secara cepat tanpa perlu menghitung nilai maksimal, nilai minimal dan seterusnya dapat menggunakan UDF (User Defined Function) yang saya buat. Silahkan Download di sini dan baca petunjuk install-nya. UDF adalah fungsi atau formula buatan kita sendiri yang tidak disediakan oleh excel. Bagi yang belum bisa menginstal UDF pada excel anda bisa juga baca di sini. Ok setelah UDF terinstal maka kita punya formula baru di excel untuk digunakan berikut cara menggunakan formula kat pada excel :
  1. Siapkan data yang sudah di entri dan dicoding pada Excel 2010/2013 pada Sheet1 sebagai contoh seperti contoh sebagai berikut:
  2. Pilih sel N3 dan ketik =kat(B3:K3;5;{"Tinggi"\"Sedang"\"Rendah"}) dan tekan ENTER . lalu arahkan pointer pada sudut kanan bawah sel sampai muncul tanda + dan drag ke bawah sampai responden terakhir. Sekarang kategori motivasi pegawai semua responden telah di dapat. (titik koma [;] dapat diganti dengan koma [,] tergantung regional setting window anda.
  3. B3:K5 adalah range # 5 adalah skor maksimal # {"Tinggi"\"Sedang"\"Rendah"} adalah kategori yang diinginkan. Sesuaikan dengan penelitian anda jika memiliki skor maksimal yang berbeda atau ingin merubah dan menambahkan kategorinya.
  4. Setelah itu kita hitung distribusi frekuensinya secara otomatis dengan Add In yang saya buat dan saya bagi dengan gratis, silahkan download Add In-nya disini ( yang ini dapat untuk menghitung multi kolom jadi bisa buat banyak tabel tinggal taruh kolom kategori dari variabel-variabelnya bersebelahan) atau dapat pula menggunakan Add In Excel pada pembahasan sebelumnya di sini (yang ini Cuma bisa bikin satu-satu tabelnya).
  5. Excel Add in pada poin 4 tidak bisa berdiri sendiri harus di install bersama Add in induk, silahkan baca dan download di postini.
Sekian pembahasan kali ini, baca juga CaraPerhitungan Analisis Korelasi Spearman di Microsoft Excel, semoga membantu.

8 komentar:

  1. Hal ini sungguh sangat bermanfaat sekali, terimakasih telah berbagi informasi. Hal ini juga saya pastikan juga bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.

    ijin berbagi juga ya sahabat, tentang Gambar Modifikasi Satria Air Brush Terbaru, amediumformat.com, terimakasih.

    BalasHapus
  2. mohon maaf untuk kategori cukup kenapa 10-14? sedangkan yang tinggi dan rendah masing-masing ditambahkan 5 untuk rentangnya, tapi yang cukup hanya ditambah 4. mohon bantuannya.

    BalasHapus
  3. Cara Cepat Kategorisasi Data Kuisioner Di Microsoft Excel >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Cepat Kategorisasi Data Kuisioner Di Microsoft Excel >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Cepat Kategorisasi Data Kuisioner Di Microsoft Excel >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com