Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Membuat Perhitungan Manual Korelasi Spearman Secara Otomatis

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat perhitungan manual Analisis Korelasi Rank Sperman secara otomatis. Perhitungan manual ini biasanya untuk lampiran walaupun sebenarnya sudah ada SPSS yang outputnya dapat digunakan untuk lampiran, namun sebagian dosen pembimbing mengharuskan mahasiswanya untuk melampirkan perhitungan manual. 

Nah untuk membuat perhitungan manual korelasi Spearman secara otomatis dapat menggunakan Excel Add ins yang saya buat dan saya bagi dengan gratis, silahkan download disini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan baca dan download di post ini. Berikut cara penggunaannya:
  1. Anda harus terlebih dahulu memiliki UDF Spearman yang terinstall di excel anda download di sini dan baca petunjuk penginstallannya.
  2. Siapkan data yang sudah di entri dan dicoding pada Excel 2010/2013 pada Sheet1 sebagai contoh seperti gambar sebagai berikut:
  3. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Analisis Statistik=> Manual Spearman. 
  4. Pada menu DataXY(firs row header) silahkan masukan data yang telah kita entri termasuk headernya melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$1:$D$21
  5. Pada menu Sell Output silahkan pilih satu sel saja (pastikan kosong di bawah dan sebelah kanan nya) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$E$1.
  6. Klik Proses! Dan voila...copy paste hasilnya ke MS Word
  7. Download template MS Wordnya di sini dan rubah nilai-nilai nya sesuai hasil perhitungan yang diperoleh. Gampang koq.
Sekian pembahasan kali ini, baca juga CaraMembuat Tabel Korelasi Di Microsoft Excel Secara otomatis, semoga membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com