Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Membuat Tabel Analisis Korelasi Di Excel Secara Otomatis

Pembaca ESI, pembahasan kali ini masih sekitar berbagai Add-in untuk melakukan perhitungan statistik untuk kepentingan skripsi, tesis maupun penelitian. Kali ini akan di bahas bagaimana membuat tabel korelasi secara otomatis.


Nah jika penelitian kita hanya perlu melakukan perhitungan korelasi untuk dua variabel saja seperti gambar di atas maka kita hanya perlu membuat satu tabel saja untuk pembahasan, ini tergantung tujuan penelitian anda karena hasil dan pembahasan (Bab IV) adalah jawaban dari tujuan penelitian. Sedangkan penelitian pada skripsi atau tesis tertentu mengharuskan kita untuk membreak-down variabel penelitian yang ada, bisa variabel bebasnya (X) atau variabel terikatnya (Y). Misalkan variabel X terdiri dari tiga sub variabel / dimensi maka akan terdapat 1 hipotesis mayor (X dan Y) dan tiga hipotesis minor (X1Y, X2Y dan X3Y) sehingga kita perlu membuat 4 tabel korelasi untuk pembahasan. Nah untuk operasi berulang ini dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan add-in yang saya buat dan saya bagi dengan gratis, silahkan download di sini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan baca dan download di post ini. Berikut cara penggunaannya:
  1. Untuk penggunaan Korelasi Spearman anda terlebih dahulu harus memiliki UDF Spearman terinstall di Excel anda, download di sini dan baca petunjuk install-nya.
  2. Siapkan data total skor (total Skor data hasil MSI untuk korelasi Pearson) dari masing-masing variabel/sub variabel dengan kolom saling bersebelahan sebagai contoh pada Sheet1 seperti gambar sebagai berikut:
  3. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Analisis Statistik=> Tabel Korelasi.
  4. Pada menu Group Variabel 1 silahkan masukan data variabel/subvariabel X (X1,X2,X3 dan X) melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$3:$E$22
  5. Pada menu Group Variabel 1 silahkan masukan data variabel/subvariabel  Y melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$F$3:$F$22
  6. Pada menu Column Label 1 silahkan masukan Header (label) variabel/subvariabel  X melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$2:$E$2
  7. Pada menu Column Label 2 silahkan masukan Header (label) variabel/subvariabel  Y melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$F$2
  8. Pilih teknik korelasinya (Pearson/spearman) kemudian pada menu Output Cells silahkan pilih satu sel saja (pastikan kosong di bawah dan sebelah kanan nya) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$H$2. Jika sudah maka tampilan userform seperti gambar berikut:
  9. Klik buat dan hasilnya akan tampak seperti berikut:

Sekian pembahasan kali ini, baca juga Cara MembuatRancangan Acak Lengkap Di Microsoft Excel secara Otomatis, semoga membantu.

1 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com