Sabtu, 25 Juli 2015

3 Kegunaan CTRL+D Pada Microsoft Excel

Halo Pembaca ESI, seperti diketahui excel merupakan powerfull software yang banyak digunakan oleh orang-orang di dunia untuk melakukan perhitungan-perhitungan, pengolahan dan analisis data, membuat laporan dan presentasi. Oleh karena itu bagi para pengguna excel perlu mengetahui tip dan trik yang akan banyak saya sampaikan pada blog ini agar bisa menghemat waktu anda untuk melaksanakan pekerjaan pada excel yang perlu dilakukan berulang-ulang. kali ini saya akan membahas 3 manfaat dari shortkey CTRL+D ketik bekerja di excel langsung saja check it out guys.
  1. Membuat Duplikat sel 1 baris di atasnya, ketika kita ingin mengisi salah satu sel dengan nilai yang sama dengan 1 sel di atasnya kita tak perlu melakukan copy (CTRL+C) paste (CTRL+V) akan tetapi hanya perlu tekan CTRL+D. Ok untuk poin ini saya kira tidak perlu dijelaskan dengan gambar, contohnya bila anda memiliki nilai 350 di sel A1 maka tinggal pindahkan ke sel A2 dan klik CTRL+D maka sel A2 akan bernilai 350 juga. Bukan hanya nilai sel, akan tetapi formatnya juga termasuk jenis dan ukuran font, Border, dan warna (fill). Pokoknya kayak bikin kembaran.
  2. Membuat Duplikat baris paling atas, sama seperti pada poin 1 tapi bedanya kita harus memblok range yang kita inginkan. Lakukan seperti gambar di bawah dan tekan CTRL+D
  3. Membuat nomor urut dengan cepat, nah yang ini memanfaatkan fungsi pada 2 poin di atas untuk membuat nomor urut dengan cepat biasanya kita mengetik angka 1 kemudian 2 pada sel A1 dan A2 kemudian drag ke bawah (autofill) sampai dengan nomer yang kita inginkan, akan tetapi jika kita ingin membuat nomor urut 1 sampai 700 misalnya cara ini kurang efisien. Cukup ketik angka 1 pada sel A1 kemudian klik sel A1 dan scroll mouse anda sampai sel A700 kemudian tekan SHIFT+klik sel A700 dan tekan CTRL+D maka A1:A700 akan terisi dengan nilai 1. Ganti sel A2 dengan angka 2 kemudian arahkan pointer mouse ke sudut kanan bawah sampai keluar tanda + dan klik 2 kali voila..anda punya angka 1 sampai 700 sekarang.

Ok sekian pembahasan kali ini, selamat bertemu pada tip dan trik excel yang lain. Semoga membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com