Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Ini Bisa Memudahkan Pekerjaan Excel Anda

Pembaca ESI, bertemu lagi dalam pembahasan tip dan trik Microsoft excel kali ini. Ikuti terus blog ini karena banyak tip dan trik yang akan saya bagikan yang tidak mungkin dapat dibahas semua dalam satu pos. Ok langsung saja check it out:
Bekerja dengan 2 Sheet Secara bersamaan
Adakalanya ketika kita bekerja pada sheet tertentu kemudian perlu melihat nilai-nilai entri pada sheet yang lain sehingga kita bolak-balik melihat kedua sheet tersebut. Nah agar lebih nyaman bekerja anda dapat melihat dua sheet pada saat yang sama cukup dengan klik menu View => New Window => Arrange All. Nah kita punya dua jendela untuk file yang sama sekarang tinggal atur jendela sesuai kebutuhan anda
Find dan Replace pada Banyak Sheet Secara Bersamaan
Jika anda ingin mengganti suatu nilai sel dengan nilai yang lain pada semua Sheet, maka tidak perlu melakukannya berulang-ulang di tiap Sheet. Klik kanan pada salah satu sheet kemudian pilih Select All Sheet dan tekan CTRL+H. Sedangkan untuk sheet tertentu saja Cukup klik sheet pertama kemudian tekan CTRL untuk menambahkan sheet yang lainnya kemudian tekan CTRL+H. Nah mudah kan, sedangkan untuk mengembalikan grup sheet yang terpilih cukup klik Sheet yang tidak terpilih atau klik kanan pada salah satu klik terpilih kemudian pilih Ungroup Sheets.
Ok sekian pembahasan kali ini , selamat bertemu pada Tip dan Trik excel yang lain. Semoga membantu.
Membuat Duplikat Sheet dan Range
Jika anda ingin membuat sheet lain yang sama persis seperti sheet tertentu maka tinggal pilih sheet yang akan diduplikat (Sheet1 misalkan) kemudian tekan CTRL dan drag ke arah kanan atau kiri sesuai kebutuhan anda maka anda akan mendapatkan Sheet1 (2)  yang sama persis dengan Sheet1 . Berlaku juga untuk menduplikat range, misalkan anda ingin menduplikat range A2:A12 maka tinggal pilih range-nya kemudian tekan CTRL dan drag ke tempat yang anda inginkan.
Freeze Baris dan Kolom Agar Tetap Terlihat
Biasanya untuk header tabel, apabila anda men-Scroll mouse ke bawah maka header tabel akan ikut tergulung dan tidak terlihat. Kadang kita bingung apakah sudah mengentri pada kolom yang tepat? Untuk data text mungkin bisa melihat nilai sel di sekitarnya, sedangkan untuk data numerik kadang membuat kita bingung karena header tabel tidak terlihat. Untuk itu gunakan freeze pane. Untuk freeze satu atau lebih baris agar tetap terlihat, pilih satu baris di bawahnya (di bawah header). Kemudian, dari menu Excel anda :
·  Pada Excel 2003: Pilih Window => Freeze Panes
·  Pada Excel 2007 atau 2010: Pilih View => Freeze Panes =>Freeze Panes
·  Untuk freeze Kolom di sebelah kiri workbook anda, Pilih  sebelah kanan dari kolom yang ingin anda freeze dan kemudian pilih Freeze Panes. Misalkan anda ingin kolom A di freeze maka pilih B1 dan klik Freeze Panes. Contoh lainnya jika anda ingin freeze kolom A dan B maka pilih C1 dan klik Freeze Panes.
·  Untuk freeze Baris dan kolom, Pilih  sell di bawah dan di kanan dari baris dan kolom yang ingin anda freeze kemudian klik Freeze Panes. Misalkan anda punya header tabel di baris pertama dan nomor responden di sel A2 ke bawah, maka pilih B2 dan klik Freeze Panes maka nomor responden anda akan tetap terlihat meskipun anda menggulung ke bawah maupun ke kanan.
·  Untuk mengembalikan seperti semula, Pilih  Window => Unfreeze Panes (Pada Excel 2003) atauView => Freeze Panes => Unfreeze Panes (Pada Excel 2007 dan 2010)

Gunakan F4 Untuk Membuat Relatif dan Absolut References
Relatif references akan berubah menyesuaikan baris dan kolom, misalkan anda mempunyai data di A, B dan C kemudian pada D3 anda memasukan formula =A3*B3
Abs&rel Ref1.png
Maka jika anda mengcopy dan paste pada sel lain akan menyesuaikan baris kolom:
Pada D4  akan menghasilkan =A4*B4 pada D5 =A5*B5 dst. Sedangkan paste pada sel E3 akan memberikan hasil =B3*C3 , E4=B4*C4 dst.
Relatif references kolom tidak akan berubah barisnya saja, pada contoh di atas pada D3 anda double klik kemudian blok / Highlight nilai A3 kemudian tekan F4 dua kali dan tekan ENTER maka akan menghasilkan =A$3*B3. Jika D3 anda copy dan paste pada sel lain akan tetap barisnya (baris 3), pada D4 =A$3*B4 pada D5=A$3*B5. Kemudian paste pada sel E3=B$3*C3, E4=B$4*C4 dst.
Relatif references baris tidak akan berubah kolomnya saja, pada contoh di atas pada D3 anda double klik kemudian blok / Highlight nilai A3 kemudian tekan F4 tiga kali dan tekan ENTER maka akan menghasilkan =$A3*B3. Jika D3 anda copy dan paste pada sel lain akan tetap kolomnya (kolom A), pada D4 =$A3*B4 pada D5=$A3*B5. Kemudian paste pada sel E3=A$3*C3, E4=A$4*C4 dst.
Absolut references tidak akan berubah kolom dan barisnya, pada contoh di atas pada D3 anda double klik kemudian blok / Highlight nilai A3 kemudian tekan F4 satu kali dan tekan ENTER maka akan menghasilkan =$A$3*B3. Jika D3 anda copy dan paste pada sel lain akan tetap baris dan kolomnya (baris 3 dan kolom A), pada D4 =$A$3*B4 pada D5=$A$3*B5. Kemudian paste pada sel E3=$A$3*C3, E4=$A$3*C4 dst.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com