Sabtu, 25 Juli 2015

Dua Menu Tersembunyi dalam Microsoft Excel

Sobat ESI, tahukah anda bahwa terdapat dua menu tersembunyi dalam Microsoft Excel yang mungkin tidak pernah kita lihat. Ok bagi yang belum mengetahui inilah kedua menu tersembunyi tersebut:

Untuk memunculkan menu di atas, pilih salah satu sel atau range yang anda inginkan kemudian dekatkan pointer mouse anda pada salah satu Grid Border (boleh kanan/kiri/atas/bawah) sampai muncul tanda panah 4 arah kemudian klik kanan dan drag (tarik) ketempat yang anda inginkan.
Untuk menu tersembunyi kedua akan tampak seperti gambar berikut:

Untuk memunculkan menu di atas, pilih salah satu sel kemudian isi dengan data tanggal. Shortkey untuk tanggal hari ini adalah CTRL+semicolon (;). Setelah ada data tanggal arahkan pointer mouse anda pada sudut kanan bawah sel sampai muncul tanda + kemudian klik kanan dan drag ke kanan atau ke bawah. Nah untuk yang ini bisa kita gunakan misalnya ulang tahun kita jatuh pada hari apa saja pada tahun-tahun berikutnya ini yang anda harus lakukan:
Buat data seperti gambar di bawah ini

Masukan tanggal ulang tahun anda pada sel A3 kemudian pada sel A4 ketik =TEXT(A3;"ddddd") tekan ENTER dan copy paste ke kanan sampai pada tahun 2020. Kemudian pilih sel A3 dan lakukan langkah memunculkan menu tersembunyi yang kedua kemudian drag (tarik) sampai tahun 2020 dan pilih Fill Years maka hasilnya akan seperti gambar berikut:

Nah sobat ESI selamat mencoba dan nantikan pembahasan saya yang lain, semoga membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com