Selasa, 14 Juli 2015

Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis III

Setelah pembahasan sebelumnya pada Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis  seri  I dan II, sekarang kita akan membahas teknik validitas menggunakan Korelasi Item Total Terkoreksi dengan rumus sebagai berikut:
Oh ya saya mau menyampaikan bahwa teknik ini merupakan teknik yang paling ketat di dibanding teknik validitas menggunakan Korelasi Spearman dan Pearson atau Product Moment, jadi item pertanyaan yang dinyatakan valid oleh kedua teknik di atas bisa saja dinyatakan tidak valid oleh teknik Korelasi Item Total dengan mengunakan kriteria Kaplan dan Saccuzo (1993 : 106) : “Suatu item pertanyaan dikatakan valid dan dapat mengukur variabel penelitian yang dimaksud jika nilai koefisien validitasnya lebih dari atau sama dengan 0.300”. Sebab ada kriteria yang lebih renggang dibanding Kaplan dan Saccuzo namun tidak akan dibahas kali ini. Mengapa demikian? Karena teknik ini juga sering disebut juga uji daya beda, dimana suatu instrumen di uji kemampuannya dalam membedakan hasil pengukuran dari variabel penelitian pada respondennya. Misalnya saja kita meneliti tentang motivasi kerja pegawai maka instrumen harus dapat membedakan antara motivasi kerja si A , B dan seterusnya.

Ok langsung saja pada inti pembahasan bagaimana melakukan perhitungan teknik korelasi item total di Microsoft Excel 2010/2013 secara otomatis dapat menggunakan Excel Add In yang saya buat dan saya bagi dengan gratis.Silahkan download disini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan baca dan download di post ini. Berikut cara penggunaannya:

  1. Siapkan data yang sudah di entri dan dicoding pada Excel 2010/2013 pada Sheet1 sebagai contoh dan hitung total skornya seperti pada pembahasan sebelumnya dan akan diperoleh seperti gambar sebagai berikut:
  2. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Validitas dan Reliabilitas => Corrected Item Total. .
  3. Pada menu Data Coding silahkan masukan data yang akan kita hitung melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$3:$K$17
  4. Pada menu Data Total Skor silahkan masukan data yang akan kita hitung melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$L$3:$L$17
  5. Pada menu Pilih Cell Output silahkan pilih satu sel saja (pastikan worksheet kosong hanya terisi oleh data) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$A$19. Pastikan ada di kolom responden!!! dan sisakan space sebanyak satu atau dua row.
  6. Pada menu Ketik No item silahkan isikan dengan nomor awal item dalam hal ini adalah isi dengan 1 karena nomor pertanyaannya dimulai dari 1. Setelah semua disi maka akan tampak seperti gambar berikut:
  7. Tekan tombol Hitung! Maka akan diperoleh hasil perhitungan sebagai berikut:
  8. Untuk range A2:M31 bisa di copy paste ke dalam MS Word sebagai lampiran dan Range N19:Q30 bisa di copy paste ke dalam MS Word sebagai report.
Sekian pembahasan kali ini, baca juga lanjutan pembahasannya di Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft ExcelSecara Otomatis IV, semoga membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com