Selasa, 14 Juli 2015

Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis IV

Masih di Excel Statistik Indonesia kali ini saya akan melanjutkan bahasan sebelumnya tentang Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis I, II dan III. Pada pembahasan kali ini hanya bersifat tambahan saja mengenai teknik reliabilitas Split Half Spearman Brown, oh ya sebelumnya saya berjanji memberikan rumus lengkap validitas dan reliabilitas sebagai berikut:

Rumus uji validitas dengan Korelasi Pearson

Rumus uji validitas dengan Korelasi Spearman

Rumus uji Reliabilitas dengan Alpha Cronbach

Rumus uji Reliabilitas dengan Split Half Spearman Brown

Ok kembali pada teknik reliabilitas Split Half Spearman Brown, teknik ini akan berbeda perhitungannya antara perhitungan manual di Excel dengan SPSS. SPSS melakukan teknik belah data dibagi dua sehingga jika kita mempunyai 10 item pertanyaan maka belahan pertama adalah item/butir 1 – 5 dan belahan kedua adalah item/butir 6 – 10 sedangkan berdasarkan rumus di atas pembagian belahan adalah ganjil dan genap sehingga belahan pertama adalah item/butir 1,3,5,7, dan 9 dan belahan kedua adalah item/butir 2,4,6,8 dan 10 maka jika kita ingin menghitung di SPSS maka kita harus merubah urutan data kita menjadi 1,3,5,7,9,2,4,6.... nah repot kan, oleh karena itu untuk menghitung reliabilitas Split Half Spearman Brown di Microsoft Excel 2010/2013  secara otomatis dapat menggunakan Excel Add In yang saya buat dan saya bagi dengan gratis. Silahkan download disini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan baca dan download di post ini. Berikut cara penggunaannya:
  1. Siapkan data yang sudah di entri dan dicoding pada Excel 2010/2013  pada Sheet1 sebagai contoh dan hitung total skornya seperti pada pembahasan sebelumnya dan akan diperoleh seperti gambar sebagai berikut:
  2. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Validitas dan Reliabilitas => Spearman Brown Reliability. 
  3. Pada menu Input Data silahkan masukan data yang akan kita hitung melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$3:$K$17
  4. Pada menu nama variabel ketik nama variabel: Motivasi Pegawai
  5. Pada menu sell Output silahkan pilih satu sel saja (pastikan worksheet kosong hanya terisi oleh data) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$N$3.
  6. Klik tampilkan perhitungan dan Calculate
  7. Untuk range N8:Q25 bisa di copy paste ke dalam MS Word sebagai lampiran dan Range N3:Q5 bisa di copy paste ke dalam MS Word sebagai report.

Sekian pembahasan kali ini, baca juga pembahasan Cara mengolah data kuisioner secara otomatis series semoga membantu.

3 komentar:

  1. sangat bagus artikelnya...ijin copy paste gan...

    BalasHapus
  2. Izin download dan simpan halaman ya gan. sangat membantu. terimakasih

    BalasHapus
  3. Cara Menghitung Validitas Dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis Iv >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Menghitung Validitas Dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis Iv >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Menghitung Validitas Dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis Iv >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com