Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Membuat Perhitungan Analisis Korelasi Spearman Di Micosoft Excel

Bagi sebagian lulusan jurusan tertentu yang menggunakan analisis statistik dalam penelitian skripsi maupun tesis-nya mungkin analisis ini terdengar familiar. Analisis korelasi Rank Spearman adalah metode statistik yang digunakan untuk mengukur hubungan antara dua variabel yang memiliki skala ukur ordinal. Misalkan Skripsi atau Tesis kita meneliti tentang hubungan antara variabel motivasi kerja dan Kinerja Pegawai di suatu perusahaan. Sebagai alternatif dapat digunakan teknik korelasi Pearson atau Product Moment akan tetapi metode ini dapat kita gunakan apabila skala ukur data kita adalah skala interval/rasio, apabila penelitian anda menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner (pilihan ganda) maka data yang dihasilkan beskala ordinal.
Perhitungan analisis Korelasi Rank Spearman dapat dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS for windows, Minitab dan software statistik lainnya namun kali ini saya akan membahas bagaimana perhitungan Korelasi Spearman pada Microsoft Excel 2010, berikut cara perhitungannya:
  1. Misalkan kita punya data kuisioner yang telah dientri dan di Coding , contoh sebagai berikut:
  2. Buat rank untuk total skor masing-masing variabel dengan menggunakan formula Rank.AVG di kolom Q dan R . Pada sel Q3 ketik formula sebagai berikut : =RANK.AVG(G3;G$3:G$16;1)  sedangkan pada sel R3 : =RANK.AVG(O3;O$3:O$16;1). Kemudian copy paste ke bawah sesuai jumlah responden.
  3. Pada sel R18 ketik formula sebagai berikut: =CORREL(Q3:Q16;R3:R16), maka didapat nilai korelasi spearman sebesar rs = 0,386979.
Mengapa kita memakai rumus korelasi pearson? Karena pada dasarnya nilai koefisien korelasi Spearman adalah korelasi Pearson atau Product Moment dari ranking kedua variabel.Cara ini memang kurang efisien karena masih memerlukan tabel bantu, untuk itu simak tulisan saya mengenai CaraMembuat Fungsi (UDF) Korelasi Spearman di Microsoft Excel

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com