Sabtu, 25 Juli 2015

Cara Mengolah Data Kuisioner di Microsoft Excel Secara Otomatis II


Masih di Excel Statistik Indonesia kali ini saya akan melanjutkan bahasan sebelumnya mengenai mengolah data jawaban responden terhadap variabel penelitian dari kuisioner. Kali ini saya akan membahas mengenai cara mengolah data karakteristik responden, sebagai contoh adalah kuisioner sebagai berikut:
Kalau pada pembahasan sebelumnya pada jawaban responden terhadap variabel penelitian yang memiliki pilihan jawaban yang sama, berbeda halnya dengan data responden yang memiliki pilihan jawaban bervariasi seperti pada contoh di atas. Untuk membantu memudahkan anda mengolah data responden dapat menggunakan Excel Add In yang saya buat dan saya bagi dengan gratis, silahkan download di sini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan baca dan download di post ini. Berikut cara penggunaannya:
  1. Siapkan data yang sudah di entri dan dicoding pada Excel 2010/2013 pada Sheet1 sebagai contoh dan gunakan teknik koding jawaban a = 1, b = 2 dan seterusnya seperti contoh sebagai berikut:
  2. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Data Kuisioner => MultiDynamicTable.
  3. Pada menu Data Coding silahkan masukan data yang telah kita entri melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$B$3:$G$18
  4. Pada menu Output Cells Kuisioner silahkan pilih satu sel saja (pastikan kosong di bawah dan sebelah kanan nya) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet1!$G$3. Jika sudah maka tampilan userform seperti gambar berikut
  5. Klik Generate dan hasilnya akan tampak seperti berikut:
  6. Sesuaikan Angka Koding dengan kuisioner (manual aja hehe...) seperti ini:
Sekian pembahasan kali ini, baca juga kelanjutannya di Cara Mengolah Data Kuisioner di Microsoft Excel SecaraOtomatis III, semoga membantu.

2 komentar:

  1. kok nda bisa di download bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo shorten bermasalah bisa langsung ke download page:
      https://tusfiles.net/cp8haut9u6qi

      Hapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com